Jadwal Sholat dan Imsakiyah Online

Jadwal Sholat dan Imsakiyah Hari Ini Sepanjang Masa Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Republik Indonesia

Rabu, 20 Mei 2015

Tips Menjalankan Puasa Saat Hamil

Tips puasa saat hamil untuk bunda muslimah: Selagi bunda hamil telah dilakukan pemeriksaan serta dinyatakan sehat serta telah dikonsultasikan dengan ahlinya, jadi bunda hamil diperbolehkan untuk melakukan puasa terutama selagi bulan ramadhan. Bunda hamil pastinya dalam menjalankan puasa bakal tak sama ketika tak sedang hamil, dibutuhkan kiat-kiat khusus supaya puasa yang sedang dijalankan sangatlah menjadi suatu ibadah nan barokah serta juga masih menjadikan kandungan yang sedang dijalani senantiasa sehat. Berikut berbagai tips yang bisa dilakukan oleh bunda hamil selagi berpuasa:

Tips Menjalankan Puasa Saat Hamil

Ketika Sahur
  • Ketika sahur, pilih makanan yang mengandung protein serta lemak dalam jumlah cukup. Kedua tipe zat gizi ini bisa bersi kukuh lebih lama di pencernaan jadi memperlambat rasa lapar di siang hari. Sebaiknya bunda hamil tak sedikit mengkonsumsi daging. Daging merupakan makanan yang mengandung kalori serta protein sangat tinggi yang bisa disimpan tubuh dalam waktu lumayan lama.
  • Upayakan juga makanan yang kaya vitamin C serta mineral seng (zinc) untuk menjaga vitalitas tubuh.
  • Jangan mengonsumsi makanan manis saat sahur supaya tubuh tak lemas serta cepat merasa lapar dampak insulin shock.
  • Sebaiknya sampai waktu sahur habis, usahakan minum air putih sebanyak-banyaknya. Apabila bisa minum air putih selagi sehari itu sebanyak dua liter. Serta ditambah dengan segelas susu hangat. Minum segelas susu setiap sahur bisa mengurangi ancaman anemia bagi bunda hamil.

Ketika Berpuasa
  • Jalani puasa dengan niat serta aspirasi yang bulat serta ikhlas supaya hari-hari berpuasa terasa ringan serta menyenangkan meski sedang hamil.
  • Lumayan istirahat. Bila memungkinkan sediakan lebih dari porsi istirahat sebelumnya.
  • Kurangi porsi aktivitas yang memperlukan energi ekstra, umpama aktivitas di lapangan alias pikiran yang berat-berat. Sedapat mungkin hindari stres dan buang jauh kebiasaan/dorongan untuk marah.
Segera batalkan puasa apabila bunda hamil mengalami:
  1. Muntah-muntah lebih dari 3 kali yang dikhawatirkan menyebabkan terjadinya dehidrasi,
  2. Mengalami diare yang diikuti rasa mulas serta melilit,
  3. Mimisan yang dikarenakan oleh pecahnya pembuluh darah pertanda kondisi tubuh telah tak stabil,
  4. Lemas, pusing diikuti dengan mata yang berkunang-kunang pertanda hipoglikemia dikhawatirkan janin mengalami kekurangan gizi,
  5. Mengalami keringat berlebih terutama keringat dingin pertanda bahwa tubuh bahwa kondisi fisik bunda hamil telah tak kuat lagi untuk berpuasa.

Ketika Berbuka
  • Awali berbuka dengan minuman hangat serta manis untuk menambah kadar gula darah, namun bunda hamil juga wajib masih membatasi makanan serta minuman yang manis. Hindari minuman dingin sebab bisa menurunkan kerja lambung.
  • Kemuadian bunda hamil bisa melanjutkan dengan menyantap makanan yang mengandung karbohidrat simpleks jadi lebih mudah diserap tubuh, semacam kolak ataupun  kurma.
  • Seusai sholat magrib, makanlah dengan porsi lebih besar, tapi jangan langsung kalap. Makan dalam jumlah besar bisa membikin tubuh Kamu lemas. Sebab itu, makan secukupnya saja. Sehabis sholat tarawih, usahakan untuk makan meski hanya sedikit.
  • Sebelum tidur, untuk memproses produksi ASI, cobalah makan makanan ringan dengan minuman hangat.
Demikian tips menjalankan puasa saat hamil, semoga dapat bermanfaat bagi bunda muslimah semua..

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Menjalankan Puasa Saat Hamil

0 komentar:

Posting Komentar